Menyusuri Alam Tasik Zamrud

Menyusuri Alam Tasik Zamrud
0 comments, 04/07/2017, by , in Featured

Mitrainsani.or.id| “Tasik Atas dan Tasik Bawah” adalah penamaan masyarakat untuk danau yang berada di kawasan Taman Nasional Zamrud di Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Tim bersama masyarakat dari Kampung Sungai Rawa dan Kampung Rawa Mekar Jaya menyusuri perjalanan air dari Muara Sungai Rawa menuju ke tasik.
TN Zamrud YMI
Keberangkatan Tim untuk menuju ke Tasik Zamrud merupakan proses identifikasi potensi wisata alam di kecamatan Sungai Apit. Upaya yang dilakukan adalah dengan memfasilitasi masyarakat atau kelompok yang fokus dalam pengelolaan wisata di desa yang saat ini sudah aktif adalah wisata alam mangrove.

Proses perjalanan memakan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan, panjang perjalanan ini dikarenakan di aliran sungai terdapat banyak pohon kayu yang tumbang, sehingga sampan kecil kami beberapa kali mengalami kandas dan tersangkut. Disepanjang perjalanan kita akan menemukan beberapa kerusakan alam paska terjadinya kebakaran hutan dan lahan.
TN Zamrud YMI Ikan Salai
Dibeberapa titik kita akan menemukan pondok-pondok kayu masyarakat yang digunakan untuk mengasapi ikan, atau biasa disebut dengan ikan salai. Potensi ikan di kawasan ini sangat lah baik, ada beberapa ikan yang biasa dijumpai nelayan seperti ikan toman, ikan elang (tiger Fish), belida, Tapah, baung dan macam-macam lainya. Satu lagi yang terpenting adalah dikawasan ini terdapat habitat ikan terbaik yaitu ikan Arwana Emas (Schleropages formasus). Terdapat dua Tasik besar, Tasik Bawah dan Tasik Atas. Terdapat 4 pulau di Tasik Atas yaitu Pulau Besar, Pulau tengah, Pulau Bunsu dan Pulau Beruk.
TN Zamrud Paska Terbakar
Menjelelang sore hari saat matahari mulai condong adalah saat yang paling menarik untuk di tunggu, kicauan burung serindit akan semakin jelas terdengar, burung-burung mulai berterbangan dan kera – kera mulai menampakan diri. Jika beruntung kita bisa melihat beruang dan harimau yang hidup di kawasan ini.
TN Zamrud Senja YMI
Lingkungan yang baik akan menjadi daya Tarik untuk para wisatawan mengenal alam lebih dekat, bagi penikmat alam kawasan ini sangat atraktif untuk dikunjungi, jelas sekali terdapat potensi yang terkandung untuk dijadikan sebuah kawasan objek wisata, kedepannya bagaimana proses ini tetap memiliki hubungan yang harmonis antara manusia dan alamnya.