Catatan Kecil Potensi Alam Kenegerian Gunung Sahilan

Catatan Kecil Potensi  Alam Kenegerian Gunung Sahilan
0 comments, 14/07/2017, by , in Featured

Mitrainsani.or.id | Kenegerian Gunung Sahilan memiliki kekayaan alam yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat ketika mampu mengelolanya dengan baik. Bentang alam yang berbukit dan memiliki lembah menyimpan sebuah keunikan yang dapat menarik banyak orang untuk mengunjungi dan menjelajahi alamnya.
Riau adalah provinsi yang memiliki kekayaan alam dengan karakter dan ciri khasnya tersendiri. Bentang alam Riau yang beragam mulai dari hutan rawa gambut, kawasan pesisir sampai kawasan yang berbukit dan berlembah.

Kenegerian Gunung Sahilan adalah salah satu kecamatan di kabupaten Kampar provinsi Riau yang menyimpan beragam potensi, mulai dari alam yang terbentang hingga kearifan lokal masyarakat yang menjadi karakter tersendiri.
Masyarakat Kenegerian Sahilan hidup dalam tatanan dan norma – norma adat yang kental, secara administratif tetap mengacu kepada regulasi negara, dan secara adat mengacu kepada aturan kerajaan dan kekhalifahan. Baca : (http://mitrainsani.or.id/kembalinya-marwah-masyarakat-adat-kerajaan-gunung-sahilan-bag-1/)

Bentang alam di Kenegerian Gunung Sahilan merupakan hamparan hutan dan kontur tanah yang berbukit – bukit. Didalam kawasan ini tersimpan beragam potensi hasil alam yang dapat dikembangkan oleh masyarakat tanpa merusak alam yang ada. Masyarakat Kenegerian Gunung Sahilan hidup dalam aturan adat yang menjadikan alam adalah bagian terpenting dalam proses kehidupan.

Saat ini terdapat kelompok masyarakat yang memanfaatkan hasil alam yang ada, madu salah satu produk alam yang menjadi sumber penghidupan bagi sebagian masyarakat, keberadaan hutan yang lestari adalah hal utama agar tetap dapat menghasilkan madu.
Madu Alam Gunung Sahilan

Keberadaan gajah liar tak lepas dari kondisi alam, di kawasan hutannya masih terdapat kawanan gajah sumatera yang melakukan penjelajahan.
kawasan jelajah gajah
Selain itu juga terdapat sumber air panas di dalam alam Kenegerian Gunung Sahilan. Masih banyak lagi potensi yang dapat dijelaskan seperti aktifitas budaya, kesenian, dan keberadaan sungai sebagai jalur transportasi antar kampung dengan pemandangan alam yang indah.
wisata air panas