Identifikasi Lahan yang Telah di Garap di Lokasi HPHD Rawa Mekar Jaya

Identifikasi Lahan yang Telah di Garap di Lokasi HPHD Rawa Mekar Jaya
Identifikasi Lahan yang Telah di Garap di Lokasi HPHD Rawa Mekar Jaya

Pengidentifikasian ini merupakan aktifitas lanjutan  dari proses Izin Pengelolaan Hutan Desa Rawa Mekar Jaya Nomor : SK.4587 /MENLHK – PSKL / PKPS / PSL.0 / 7 / 2020 seluas Kurang Lebih 3.433 Ha, yang dilakukan bersama LPHD (Lembaga Pengelola Hutan Desa), Masyarakat Kampung RMJ, Kepala Desa Kampung RMJ, BPKam Bersama dengan Winrock, YMI, Dinas LHK dan KPH Tasik Besar Serkap mendampingi LPHD RMJ  dalam Persiapan untuk Pengelolaan HD (Hutan Desa) yang berkelanjutan.

Pengambilan Foto Udara pada Areal HPHD Rawa Mekar Jaya, Lokasi di Lahan KJUB

Proses identifikasi ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam menyusun dokumen RPHD ( Rencana Pengelolaan Hutan Desa ). Dalam penyusunan dokumen ini dibutuhkan informasi terkait Batasan ( Tapal Batas ) areal yang kemudian menetukan zonasi  pengelolaan HPHD RMJ, sehingga Lembaga Pengelola Hutann Desa dapat menyusun rancangan biaya bagi kelompok/lembaga pengelola.

Peta Lahan yang telah di garap di Lokasi HPHD Rawa Mekar Jaya

YMI bersama Winrock dalam pendampingan nya juga melakukan diskusi aktif bersama multi pihak yang turut serta terutama LPHD &  masyarakat Rawa Mekar jaya tentang aktifitas didalam areal HD seperti masyarakat yang telah menggarap pertanian/perkebunan didalam kawasan HD, Identifkasi Konflik, Identifikasi Zonasi Pengelolaan dan Identifikasi Area bebas konflik.

Foto : Diskusi Pemetaan Lahan yang telah di garap pada areal HPHD Rawa Mekar Jaya

Kedepannya LPHD berencana akan berdiskusi dengan Masyarakat Kampung RMJ dan Orang-orang yang telah melakukan pengelolaan pada Areal HPHD Rawa Mekar Jaya dalam menemukan solusi yang baik, sehingga Prioritas Pengelolaan HPHD RMJ dapat terlaksana sesuai dengan hasil identifikasi yang diperoleh.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Be informed!

Sign up for newsletter