Menunjang Kebutuhan Pangan dengan Pemanfaatan Perkarangan Rumah

0 Comments

Berada di daerah terpencil, kurangnya fasilitas dasar seperti listrik, air bersih, tanah subur menjadi kenyataan pahit bagi masyarakat pesisir yang menyebabkan peran domestic masyarakat menjadi sempit.

Pelatihan pemanfaatan pekarangan rumah adalah program pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat mengenai cara memanfaatkan pekarangan rumah untuk berbagai keperluan, seperti bercocok tanam, pembuatan taman, atau kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

Materi pelatihan biasanya mencakup teknik bercocok tanam, pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan, teknik perawatan tanaman, pengolahan hasil panen, dan manfaat lingkungan dari kegiatan ini.

Selain pelatihan juga diberikan perlengkapan alat berupa; Sekop, polybag, Planterbag, Composbag, Starter EM4, Benih sayuran dan buah juga perlengkapan Hidroponik. Berdasarkan hasil dari survey awal, bahwa pemenuhan kebutuhan sayur dan buah dalam setiap rumah tangga masih tergolong rendah.

Untuk itu Yayasan Mitra Insani (YMI) dalam program pengelolaan ekosistem mangrove berbasis masyarakat, mendukung upaya-upaya konservasi dengan memperhatikan sisi kesehatan masyarakat secara umum dan kelompok pengawas secara khusus, dengan melaksanakan kegiatan pelatihan pemanfaatan pekarangan dan mendukung pemberian alat-alat perlengkapan sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan sayur dan buah dalam skala rumah tangga.

Hal ini  juga bisa menjadi platform bagi masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan pengalaman, dan sumber daya. Juga untuk memperkuat rasa kebersamaan dan saling mendukung secara luas di dalam hidup bermasyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.