Pendidikan Kesehatan : Perilaku hidup bersih dan sehat

0 Comments

Pendidikan kesehatan di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Yayasan Mitra Insani mengadakan kunjungan edukatif mengenai PHBS (Perilaku hidup bersih dan sehat) yang berkolaborasi dengan pihak sekolah SDN 001 Sapat dan petugas kesehatan. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka penyebarluasan informasi dan peningkatan pengetahuan tentang kesehatan di tatanan sekolah, serta upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat.

Para siswa diberikan edukasi pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, lingkungan sekitar, termasuk praktik cuci tangan yang baik dan bersih, dan pentingnya aktivitas fisik dalam menjaga kesehatan. Mereka juga diajarkan tentang pentingnya menjaga pola makan yang sehat dan tidur yang cukup. Selain itu juga diselingi dengan game menyusun puzzle langkah-langkah 20 detik cuci tangan pakai sabun.  Pembelajaran ini menggunakan metode yang interaktif dan menyenangkan untuk membuat siswa lebih tertarik dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Dengan mengimplementasikan pendidikan kesehatan mengenai perilaku hidup sehat dan bersih di sekolah dasar, dapat membantu membangun fondasi yang kuat untuk kesehatan dan kebersihan pada anak-anak sejak dini. Hal ini akan membawa manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan mereka serta masyarakat secara keseluruhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.