Sosialisasi Usulan Hutan Desa & Sistem Infrormasi Desa di Kec. Kuala Indragiri

Sosialisasi Usulan Hutan Desa & Sistem Infrormasi Desa di Kec. Kuala Indragiri
0 comments, 14/12/2016, by , in Featured

Mitrainsani.or.id| Kawasan mangrove yang ada di Kec. Kuala Indragiri Kab. Indragiri Hilir penting mendapatkan perlindungan. Perlindungan kawasan dan ekosistem yang lestari dan berbasiskan masyarakat mejadi upaya yang baik dalam keuntungan timbal balik antara alam dan manusia. Melalui perhutanan sosial, YMI melakukan sosialisasi usulan Hutan Desa (HD) bersama masyarakat dari 3 desa yaitu Desa Perigi Raja, desa Tanjung Melayu, desa Piyai dan 1 Kelurahan Sapat.

Berdasarkan pantauan YMI, terdapat keanekaragaman hayati di Kec Kuala Indrgiri yang hampir 50% sudah mulai rusak. Kerusakan ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan bakau yang diambil secara berlebihan dan tidak dilakukan kembali penanaman. Dilanjutkan dengan metode yang salah dalam penangkapan ikan menggunakan racun.

Transformasi informasi yang dilakukan YMI kepada masyarakat adalah bagaimana masyarakat mulai memahami pentingnya menjaga lingkungan dan memanfaatkan hasil alam yang tetap lestari.


3 Desa & 1 Kelurahan Bersepakat Mengusulkan Hutan Desa

ymi-usulan-perhutanan-sosial

Hutan Desa yang menjadi skema dalam pengelolaan kawasan mangrove disepakati bersama oleh desa dan kelurahan yang berada disatu hamparan Kec. Kuala Indragiri ini. Dengan pemahaman yang telah diterima masyarakat dan juga telah di identifikasi potensi pada areal yang diusulkan diharapkan bisa menjadi dasar yang kuat atas pengelolaan sumber daya alam dikawasan Kec. Kuala Indragiri yang berada di wilayah Pesisir Riau.

Desa & Kelurahan yang mengusulkan Hutan Desa memiliki areal yang berpotensi dijadikan HD yang rata – rata berada diluar kebun masyarakat. setiap Kepala Desa akan membentuk tim kerja yang akan membantu mempersiapkan proses administratif yang dibutuhkan untuk pengusulan Hutan Desa kepada Bupati Indragiri Hilir. Setelah itu Yayasan mItra Insani (YMI) akan membantu melakukan pengusulkan dokumen kepada pemerintah pusat.
Selain terkait perhutanan sosial, YMI juga menjelaskan terkait Sistim Informasi Desa (SID) yang didalamnya terdapat Aplikasi Layanan Publik, Pemetaan dan website desa. Kedepannya YMI akan mengadakan pelatihan kepada perangkat desa untuk pemanfaatn Sistem Informasi ini di Desa.