Sistim Informasi Desa (SID) Dalam Pengelolaan Sumber Data di Perdesaan

Sistim Informasi Desa (SID) Dalam Pengelolaan Sumber Data di Perdesaan
0 comments, 09/01/2017, by , in Featured

Mitrainsani.or.id | Sistem Informasi Desa (SID) merupakan perangkat kerja yang dibangun untuk mendukung peranan komunitas di tingkat desa dalam pengelolaan sumber daya desa. Data yang ada pada SID meliputi data kependudukan, data keuangan publik dan data sumber keuangan. Data kependudukan merupakan bagian utama dari SID dan harus bisa diakses oleh masyarakat desa.

Data kependudukan yang ada di dalam SID merujuk pada data kependudukan yang ada pada kartu keluarga. Terdapat table-tabel sederhana yang menyerupai tabel yang terdapat pada kartu keluarga, termasuk nama, tanggal lahir, nomor ktp, jumlah keluarga, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, SID juga menyediakan data golongan darah yang akan memudahkan desa dalam mengurus surat keterangan warga. Terutama jika ada warga yang pindah atau meninggal dunia. Dengan menggunakan aplikasi SID pengkinian data bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. SID juga sangat membantu dalam pelayanan surat-menyurat di desa. Dengan SID, cukup dengan memasukkan nomor surat dan nama yang bersangkutan maka surat yng dimaksud sudah bisa dicetak dengan data lengkap. Karena bersifat online, data SID juga bisa diakses masyarakat luar yang ingin mengetahui data kependudukan desa tersebut.

YMI Mengadakan Pelatihan & Pendampingan SID di Kec. Kuala Indragiri

Senin, 20 Desember 2016 Yayasan Mitra Insani (YMI) mengadakan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) di Kelurahan Sapat, Desa Sungai Piyai, Desa Tanjung Melayu, dan Desa Perigi Raja di kecamatan Kuala Indragiri. kegiatan pelatihan SID dibuka oleh Lurah Kelurahan Sapat dan juga di hadiri oleh Sekretaris Kecamatan KUINDRA dan juga dihadiri oleh RT, RW, Tokoh Masyarakat, Masyarakat dan Kelompok Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD),
Abizar selaku staf YMI dalam sambutannya menyampaikan pokok – pokok kegiatan yang adan dilakukan di Desa dan kelurahan ini. Syamsi sebagai pemateri yang akan melatih SID di Kelurahan Sapat yang memberikan penjelasan tentang Sistem Informasi Desa, Tujuan dari SID dan diakhiri dengan Diskusi.
whatsapp-image-2016-12-30-at-18-16-09
Kegiatan dimulai dengan pembentukan Tim yang nantinya akan membantu dalam mengambil Pendataan Sosial/Sensus dan Pengambilan Titik GPS yang akan menghasilkan Output berupa Peta Desa, oleh karena itu sekarang kegiatan pelatihan SID fokus ke Pendataan Sosial.