Revitalisasi Ekosistem Blok Tesso : Pemetaan Skala Luas Wialayah Keulayatan Kenegerian Gunung Sahilan

Revitalisasi Ekosistem Blok Tesso :  Pemetaan Skala Luas Wialayah Keulayatan Kenegerian Gunung Sahilan
0 comments, 11/01/2017, by , in Featured

Mitrainsani.or.id| Yayasan Mitra Insani (YMI) melakukan pemetaan Skala Luas di wilayah kelayatan Kenegerian Gunung Sahilan. Pelibatan masyarakat secara aktif untuk menata dan mendesain rencana pemulihan fungsi areal di Eks. PT. HSL yang kedepannya akan dikelola oleh masarakat sehingga kondisi ekosistem kembali lestari dan terjaga dengan hubungan timbal balik kepada pendukung aspek – aspek kehidupan masyarakat.

Kegiatan Pemetaan Skala Luas ini adalah proses upaya dalam percepatan dari Revitalisasi Ekosistem Blok Tesso. Sebelumnya YMI telah melakukan pemantauan melalui udara untuk meninjau langsung bentang alam dikawasa ini. YMI menjadi bagian dari TIM Operasional Revitalisasi Ekosistem berdasarkan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: SK. 3773 /MenLHK-Setjen/Rokum/HPL.1/8/2016 dengan wilayah kerja Blok Tesso khusunya pada areal Eks. PT HSL.
ymi-revitalisasi-ekosistem

Pemetaan Tanah Ulayat mesti melihat pada aspek dasar masyarakat adat dan kewilayahannya, sebelum menjalankan rencana pemetaan wilayah adat di Kenagarian Gunung Sahilan, YMI dan Masyarakat melakukan pertemuan intensif dengan melibatkan masyarakat dan pemangku adat. upaya ini dilakukan untuk menyatukan pemahaman dan pendapat dalam hal – hal mendasar yang berhubungan dengan kewilayahan dan sejarah adat.

Pemetaan wilayah Kenegerian Gunung Sahilan dilakukan dengan metode pemetaan partisipatif dengan sangat melibatkan masyarakat, mulai dari proses-proses awal belajar’’Pelatihan’’ bersama dalam penggunaan alat GPS masyarakat sendiri mengatakan dengan praktek yang terjun langsung ke lapangan dalam pengambilan titik koordinat tersebut maka akan lebih mudah memahami bagaimana prosedural pemetaan dan mengoperasikan GPS secara langsung.

Pelibatan masayarakat secara aktif sangat memudahkan proses pemetaan, selain untuk memahami soal konteks sejarah dan nama – nama wilayah yang disebutkan dengan batas – batas alam, metode ini juga meminimalisir permasalahan tapal batas yang sangat sensitif terjadi masa mendatang.

Upaya yang dilakukan YMI bersama masyarakat ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, dan masyarakat yang dilibatkan langsung dalam program Revitalisasi Eekosistim Blok Tesso Nilo kedepannya bisa berperan aktif dalam penataan ulang kawasan dan percepatan dalam rencana penyelamatan kawasan hutan yang masih tersisa wilayah yang berada di kewilayahan Kenegerian Gunung.