Progres Revitalisasi Ekosistem Blok Tesso Kab. Kampar

Progres Revitalisasi Ekosistem Blok Tesso Kab. Kampar
0 comments, 30/01/2017, by , in Featured

Mitrainsani.or.id | Revitalisasi Ekosistem ini merupakan tindak lanjut dari dicabutnya dua izin Perusahaan di kawasan Blok Tesso, khususnya diwilayah Kenegerian Gunung Sahilan Kab. Kampar, Eks. PT Hutani Sola Lestari (HSL) & PT. Siak Raya Timber (SRT). Merevitalisasi Ekosistem Tesso Nilo juga mengendalikan potensi bencana ekologis yang kerap terjadi, Kebakaran Hutan & Lahan adalah permasalahan utama yang dihadapi, selain itu Menjamin pemenuhan hak-hak konstitusional masyarakat termasuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kenegerian Gunung Sahilan.

Luasan Wilayah Eks. PT HSL ± 8.031 ha dan Eks. PT. SRT ±2.669 ha yang tersebar di beberapa desa antara lain di Desa Gunung Sahilan, Desa Sahilan Darussalam, Desa Subarak, Desa Suka Makmur, Desa Makmur Sejahtera, Desa Gunung Mulia, Dusun KM72 dan Desa Rantau Kasih. Saat ini hanya tersisa sekitar 2.500 ha Hutan Alam yang juga masih mendapatkan tekanan dari aktifitas ilegal logging. Disamping itu terdapat ±5.000 ha yang sdah terbuka menjadi perkebunan kelapa sawit dan terbuka semak belukar.

revitalisasi ekosistem ymi gs

Saat ini Yayasan Mitra Insani (YMI) telah melakukan Peninjauan Melalui Udara dan Pemetaan Skala Luas terhadap bentang alam yang menjadi wilayah kerja YMI. Dari data yang sudah terkumpul akan dilanjutkan kepada Pemetaan Skala Desa dan mengkoneksikan wilayah yang bersinggungan dengan Eks. PT HSL & PT. SRT. Kemudian yang terpenting adalah bersama masyarakat berkomitmen dalam mendukung progres dan penyebaran informasi RETN, dan juga melibatkan aktif masyarakat dalam merumuskan bagaiaman pengelolaan kawasan hutan berbasiskan masyarakat dengan skema Perhutanan Sosial. Disamping itu penguatan kelembagaan pengelolaan dan kelembagaan adat masyarakat.