Potensi Desa Pulau Muda (Dokumen)

Potensi Desa Pulau Muda (Dokumen)
Comments Off on Potensi Desa Pulau Muda (Dokumen), 02/05/2014, by , in Dokumen

Desa Pulau Muda termasuk dalam Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Indragiri Hilir pada bagian selatan, dengan Kelurahan Teluk Meranti pada bagian barat, Desa Segamai pada bagian timur, dan Kabupaten Siak pada bagian utara. Secara geografis, desa ini termasuk desa di daerah aliran sungai, yaitu Sungai Kampar. Sehingga pusat pemukiman penduduk berada di sepanjang aliran sungai.

Luas wilayah desa ini sekitar 90.131 hektar, yang terdiri dari pemukiman (38 hektar), sawah (5.734 hektar), perkebunan (5.178 hektar), lahan tidur (22.901 hektar), dan hutan (56.280 hektar). Desa ini terbagi atas 3 dusun dengan 12 RW dan 25 RT (Data Desa 2008). Desa Pulau Muda termasuk dalam Desa Swakarya, yaitu desa yang mengalami kemajuan-kemajuan baik di bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang keamanan dan ketertiban, bidang sosial budaya, dan bidang kedaulatan politik masyarakatnya, sama atau lebih besar dibandingkan dengan tingkat kemajuan di tingkat kabupaten, tetapi lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kemajuan nasional (BPMD Pelalawan, 2005).

Jumlah penduduk Desa Pulau Muda sebanyak 3.770 jiwa, dengan komposisi 1.950 laki-laki dan 1.820 perempuan. Sumber mata pencaharian utama masyarakat adalah dalam bidang pertanian. Sarana pendidikan yang ada hanyalah 2 buah Sekolah Dasar dan sebuah SMP. Di desa ini terdapat lokasi HPH PT Wira Karya Sakti (PT WKS/Arara Abadi) dan lokasi perkebunan PT Multi Gambut Industri (MGI).

Selengkapnya bisa dilihat di >> Dokumen Potensi Desa Pulau Muda (pdf)

pulau muda