Pilihan Masyarakat adalah Hutan Desa

Pilihan Masyarakat adalah Hutan Desa
0 comments, 31/08/2013, by , in Featured

Hutan Desa adalah hutan negara yang dikelola oleh desa dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan desa serta belum dibebani izin/hak. Secara sah, Negara mengaturnya dalam sebuah Peraturan Menteri Kehutanan RI No. P.49/Menhut-II/2008 tentang hutan desa.

Yayasan Mitra Insani bersama Jikalahari dan Telapak BT Riau, mengusulkan hutan desa di Desa Segamai Kecamatan Teluk Meranti dan Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau diajukan sejak 2010 lalu.

Hutan desa itu didasari oleh Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 154 dan 155/Menhut-II/2013 tentang Penetapan Areal Kerja Hutan Desa Segamai dan Serapung seluas 4.000 hektar yang ditandatangani pada 8 Maret 2013. Aturan tersebut memberikan keabsahan atas hak kelola masyarakat yang pertama di Provinsi Riau.

Setiap desa berhak mengajukan, mendapatkan serta mengelola wilayah yang ada untuk menjadi areal hutan desa. Hal ini juga sekaligus menjawab bahwa pemerintah secara serius untuk mewujudkan tentang skema hutan desa di Indonesia.

Pengajuan Hutan Desa ini adalah pilihan untuk menyelamatkan hutan yang tersisa dari kehancuran yang bertambah parah. Kawasan Sememnanjung Kampar yang merupakan Hilir dari Daerah Aliran Sungai Kampar ini merupakan satu diantara habitat bagi Harimau Sumatera dan beberapa spesies yang terancam punah.

Hutan Desa, adalah skema yang sangat tepat saat ini. Hal tersebut juga sebagai wilayah konservasi untuk perlindungan dan keberlanjutan hidup masyarakat juga sebagai kepentingan dunia akan oksigen yang cukup. Kebijakan secara bijak adalah cita-cita bangsa yang mandiri.

Yayasan Mitra Insani saat ini sedang mendampingi masyarakat dalam rangka mempersiapkan kelembagaan dalam mengelola hutan desa. Ini adalah perkerjaan yang tidak mudah.Tetapi saat ini pekerjaan dan kesiapan itu harus dihadapi bersama untuk hari depan yang lebih baik.

http://ecosystemallianceindonesia.blogspot.com/2013/12/the-people-choice-is-village-forest.html

Tags:
hutan desa