Pemetaan Potensi & Pemasangan Papan Peringatan di Kawasan Pencadangan Hutan Desa Desa Sungai Piyai

Pemetaan Potensi & Pemasangan Papan Peringatan di Kawasan Pencadangan Hutan Desa Desa Sungai Piyai
0 comments, 31/05/2017, by , in Featured

Mitrainsani.or.id | Penentuan lokasi potensi sumber daya peraiaran dilakukan Pemerintah Desa Sungai Piyai bersama Kelompok Masyarakat & Yayasan Mitra Insani, hal ini bertujuan untuk menetukan lokasi mana yang akan menjadi prioritas dalam upaya pengawasan dan penjagaan. Selain itu pemasangan plang peringatan menjadi salah satu upaya untuk menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan penebangan dan ilegal fishing.

Pemasangan plang peringatan dilakukan di Sungai Anak Batang dan beberapa lokasi yang terletak dikawasan pencadangan hutan untuk Hutan Desa Sungai Piyai. Dahulunya desa Sungai Piyai terkenal sebagai daerah penghasil udang terbanyak di Kab. Indragiri Hilir, akan tetapi saat ini sebutan tersebut tidak lagi melekat dikarenakan rusaknya ekosistem di kawasan ini.

Lokasi yang menjadi titik udang dan kepiting berada disepanjang pinggiran sungai anak batang, sungai indragiri, kuala sungai ulak air, kuala sungai nyamuk dan dilokasi inilah pemasangan plang peringatan dipasangkan. Bersama pemerintah desa Yayasan Mitra Insani melakukan pemasangan kembali beberapa papan peringatan dan himbauan (Ilegal fishing dan Ilegal Loging ) lokasi ini yang berada dalam jantung wilayah Hutan Desa Sungai Piyai.

Kedepanya akan dibentuk kelompok untuk melakukan pengawasan dan membuat titik lokasi potensi ikan dan udang sehingga di lokasi ini menjadi kawasan prioritas yang mesti dilakukan perlindungan prioritas.