Pemetaan Potensi Hutan desa Rawa Mekar Jaya & Hutan Desa Teluk Lanus

Pemetaan Potensi Hutan desa Rawa Mekar Jaya & Hutan Desa Teluk Lanus
Pemetaan Potensi Hutan desa Rawa Mekar Jaya & Hutan Desa Teluk Lanus

Yayasan Mitra insani, Winrock International, KPH Tasik Besar Serkap,  melakukan pemetaan potensi di dua kawasan hutan desa Rawa Mekar Jaya dan Hutan Desa Teluk Lanus.  Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dalam pengelolaan hutan desa oleh LPHD RMJ & LPHD TL untuk melihat peluang – peluang potensi yang dapat di kembangkan di kawasan HD.

Rawa Mekar Jaya

Disepanjang jalan areal Kerja Hutan Desa RMJ ditemukan beberapa potensi hasil alam bukan kayu seperti tanaman obat antara lain : akar kuning, pasak bumi, akar bajaka, dan beberapa lainnya yang belum teridentifikasi secara terfokus, kemudian Damar, Lebah madu kelulut, Lebah madu, Rotan.

Selain itu Tim juga  melihat kondisi Tutupan lahan dengan berbagai kondisi seperti semak belukar, hutan sekunder, hutan primer. Informasi ini nantinya akan dilakukan pengecekan status lahan apakah terdapat adanya konflik tenurial sesama masyarakat lokal yang di harapkan penyelesaiananya dengan cara mediasi dan negosiasi sehingga dapat ditemukan solusi dalam peneylesaianya.

Teluk Laus

Kemudian Tim berlanjut kewilayah kerja Hutan Desa Teluk Lanus, perjalan juga memakan waktu selama  5 hari dengan jalur darat. Proses jalur darat ini dilakukan karena faktor pertimbangan menghindari pertemuan dengan harimau. Menurut informasi  masyarakat sekitar tidak dianjurkan memasuki jalur sungai dan Kanal dikarenakan harimau yang berkeliaran di sekitaran pintu masuk areal kerja hutan desa.

Disepanjang perjalanan menuju areal HD teluk lanus tim mengumpulkan informasi yang serupa seperti di lakukan di hutan desa rawa mekar jaya. di Hutan Desa teluk lanus di temukan Tasik Retas yang berpotensi ikan – ikan konsumsi dengan nilai ekonomi tinggi seperti Ikan Tapah, Ikan Toman, Ikan elang, Ikan Limbat, Ikan Tuakang. Menurut penuturan masyarakat lokal, bahwa berlimpahnya ikan di dalam tasik ini dikarenakan aksesnya yang jauh dari kawasan pemukiman masyarakat dan tidak semua orang dapat mengetahui akses menuju kedalam tasi Retas ini.

Menurut pemantauan tim, luas tasik tersebut kurang lebih dengan lebar 30 meter dan panjang aliran nya sekitar 80 meter. Secara aktifitas kegiatan ini merupakan langkah tindak lanjut dari LPHD untuk peneglolaan Rencana Hutan Desa yang lestari. Informasi ini nantinya akan disusun secara sistematif di dalam dokumen RPHD ( Rencana Pengelolaan HUtan Desa ) oleh masing – masing LPHD.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Be informed!

Sign up for newsletter