Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Perkembangan Desa

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Perkembangan Desa
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Perkembangan Desa

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) memberikan tantangan dalam proses pembangunan desa, adaptasi terhadap perkembangan teknologi merupakan tantangan bagi desa untuk mengurangi kesenjangan digital di desa – desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  ( Mendes PDTT ) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan terdapat 10.743 desa berada di wilayah pesisir, yang mana desa- desa tersebut jangan sampai tertinggal dan menjadi desa berkembang. Proses digitalisasi adalah satu diantara solusi yang dapat mengetaskan permasalahan tersebut.

Hal ini juga didukung dengan prioritas penggunaan anggaran Dana Desa untuk memanfaatkan teknologi Informasi bagi desa – desa yang ingin berinovasi menjadi desa  digital.

Internet & Website desa adalah salah satu bentuk pemanfaatan Teknologi Informasi bagi desa agar dapat  mengabarkan dan memberitahukan kondisi serta potensi – potensi yang terdapat didesa. Pemerintahan Kampung Tanjung Kuras tengah berupaya dalam proses adaptasi perkembangan Teknologi Informasi sebagai cara dalam menjawab permasalahan ketimpangan dan kesenjangan digital yang ada di kampung dengan mengadakan Website desa dan layanan administrasi kependudukan melalui smartphone dan aplikasi.

Pelatihan Pemetaan Partisipatif Kampung Tanjung Kuras

Pemerintahan kampung tanjung kuras sadar akan pentingnya ruang untuk promosi desa agar banyak pihak yang dapat mengetahui bagaimana potensi – potensi yang ada di desa sehingga mampu menjadi peluang dalam perencanaan pengembangan ekonomi desa dan masyarakat.

Selai itu pemerintah Kampung Tanjung kuras juga ingin melakukan proses pemerintahan yang transparansi kemasyarakat bagaiamana dalam penegelolaan desa.

Pelatihan Webiste Desa Kampung Tanjung Kuras

Keseriusan Pemerintahan Kampung Tanjung Kuras dalam proses ini di tuangkan dalam bentuk kegiatan serial antara lain Pelatihan Pengelolaan Website Desa dan Aplikasi Layanan Data Kependudukan, Pelatihan Pemetaan Partisipatif, Pelatihan Pembuatan Audio Visual yang ditujukan kepada generasi muda di desa agar dapat lebih Proaktif dan produktif dalam membangun desa.

Saat ini kita dapat mengunjungi Kampung Tanjung Kuras melalui website desa www.tanjungkuras.desa.id

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Be informed!

Sign up for newsletter