Pelatihan Turunan Kelapa

Pelatihan Turunan Kelapa
Comments Off on Pelatihan Turunan Kelapa, 02/05/2014, by , in Related

Pada tanggal 30 April – 01 Mei 2014 yang lalu, masyarakat desa Cocong Dalam dan dusun Parit Raja kecamatan Concong, Indragiri Hilir, mendapatkan kesempatan emas untuk dapat berlatih bagaimana cara memproduksi minyak goreng kelapa tanpa cara dimasak tanpa api.

Pelatihan Membuat Minyak Goreng Kelapa Tanpa Api ini adalah sebagian kecil dari rangkaian kegiatan Pelatihan Turunan Kelapa yang difasilitasi oleh Yayasan Mitra Insani (YMI) dan didukung sepenuhnya oleh Samdhana Institute. YMI, juga mendatangkan tim ahli pengolahan kelapa dari CV Sabut Mandiri yang berasal dari Yogyakarta.

Cara memproduksi minyak goreng kelapa tanpa cara dimasak tanpa api ini dinamakan dengan nama Metode Pemancingan. Metode ini pertama kali ditemukan oleh Prof. Dr. Bambang Setiadji yang sampai saat ini masih aktif sebagai seorang Guru Besar di Fakultas Kimia Universita Gajah Mada.
Metode pengolahan minyak goreng kelapa tanpa cara dimasak ini/tanpa api ini dinamakan Metode Pemancingan.

“Secara sederhana, daging kelapa terdiri dari 3 Bagian Partikel. Pada lapisan luar ada partikel air, lapisan tengah ada protein, dan lapisan paling dalam itu adalah minyak. Metode pemancingan tanpa masak/tanpa api ini berfungsi untuk memisahkan ketiga partikel tersebut” terang Arif Nugroho yang merupakan direktur dari CV Sabut Mandiri.

Arif Nugroho juga menambahkan, “Di Yogyakarta, kami sudah berhasil melakukan pendampingan masyarakat dalam melakukan produksi pengolahan turunan kelapa dengan metode yang ter-integritas. Untuk saat ini, masyarakat dampingan kami di desa Pengasih kabupaten Kulonprogo, sudah berhasil memproduksi sebanyak 50 jenis turunan kelapa dan masih akan terus dikembangkan”.

pelatihan vco

“Kami selama ini hanya mengetahui cara membuat minyak goreng kelapa dengan cara dimasak, prosesnya memakan waktu yang cukup lama dan sangat tidak sehat. Kami harus mencari kayu bakar terlebih dahulu untuk bahan bakarnya. Kemudian pada saat memasaknya, sudah pastilah mata menjadi pedih dan riskan menderita iritasi akibat asap kayu bakar pada saat memasaknya. Itu sebabnya, kami sangat antusias sekali begitu mengetahui ada kegiatan ini”, kata Sugimun, Kepala Dusun Parit Raja, yang juga ikut menjadi peserta dalam acara pelatihan bersama dengan beberapa warganya.

Acara ini juga turut hadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Indragiri Hilir, dan para perangkat desa Concong Dalam.
Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Indragiri Hilir Bapak Sudinoto mengatakan, kegiatan yang difasilitasi oleh YMI ini mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari Pemerintahan Kab. Indragiri Hilir. Kegiatan ini sinkron dengan salah satu visi misi Spirit Baru Indragiri Hilir yang termaktub dalam RPJMD Inhil tahun 2014 – 2018, dalam rangka mewujudkan kesejahtraan masyarakat yang adil dan merata, dengan melakukan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Dodi Faudillah selaku perwakilan dari YMI mengatakan bahwa, kegiatan Pelatihan Turunuan Kelapa ini adalah sebagian kecil dari rangkaian kegiatan kita yang ada di wilayah pesisir timur sumatra yang sudah memasuki tahun kedua. Kegiatan – kegiatan seperti penanaman bibit bakau, pendampingan kelompok – kelompok kerajinan masyarakat, dan meng-implementasikan serta mensosialisasikan skema BUNTAROV (keBUN-Tanggul-mangROVe) ke para-pihak, adalah rangkaian besar kegiatan YMI dalam upaya pembangunan wilayah pesisir berbasis masyarakat.

“YMI yang juga bekerja sama dengan International Union Conservation of Nature (IUCN) tetap akan meng-inisiasi kegiatan – kegiatan pembangunan berwawasan lingkungan berbasis masyarakat, dan tetap akan membuka peluang untuk bisa bekerja sama dengan multi-pihak didalam merealisasikan tujuan yang baik ini”, tutur Dodi Faudillah mengakhiri.

“ Ilong mengambang di arus pasang
Berjejer rapi terbawa riak air yang tenang
Surut berpantang semangat yang sudah terkembang
Semoga ini membuat esok yang lebih senang”

Pantun gubahan penulis diatas, merupakan gambaran semangat dari anak – anak YMI dalam berkegiatan memperjuangkan kemandirian masyarakat menuju masyarakat desa yang berdaya pulih. (S3)

Concong Dalam, Indragiri Hilir, Riau, Indonesia

concong dalam inhil riau