Muslim Rasyid : Perlunya Sinergi Dalam pengelolaan DAS Kampar

Muslim Rasyid : Perlunya Sinergi Dalam pengelolaan DAS Kampar
0 comments, 17/10/2016, by , in Featured

Mitrainsani.or.id| Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar mestilah menjadi perhatian bersama dalam keberadaannya, pengelolaan terpadu dan sinergi yang baik diharapkan mampu mempertahankan manfaat dari keberadaan DAS Kampar.

Kompleksitas permasalahan dan analisis potensi yang berhasil dipetakan di sepanjang DAS Kampar ini perlu mendapatkan ide untuk dilaksanakannya pelestarian ekosistem DAS Kampar dari banyak aspek, mulai dari sisi keanekaragaman hayati hingga kepada kearifan lokal budaya masyarakat.

Dilihat dari potensi sektor perikanan yang berhasil dihimpun Yayasan Mitra Insani (YMI) DAS Kampar mempunyai kurang lebih 51 jenis ikan (lihat http://www.ikankampar.or.id/ ) ,yang sebagian besarnya mempunyai nilai ekonomi tinggi dipasaran. Dilihat dari unsur budaya, masyarakat yang tinggal disekitaran Kawasan DAS Kampar masih melakukan prakti-praktik tradisi budaya dan kearifan lokal, seperti Lubuk-lubuk larangan, Hutan adat, menyemah sungai, dan lain sebagainya.

Saat ini Yayasan Mitra Insani (YMI) telah mengupayakan dalam menjembatani pertemuan multipihak dalam pengeleloaan DAS kampar yang terpadu. Selain itu, YMI telah memfasilitasi adanya Lokakarya di tingkat Masyarakat desa, Identifikasi pemanfaatan wilayah sungai bagi masyarakat yang berada di bantaran sungai dari hulu ke hilir.

“karena di hulu sungai merupakan kunci dari batang DAS Kampar, sudah pasti dan seharusnya masyarakat Hulu menjaga kawasannya, akan tetapi masyarakat yang berada di kawasan tengah dan Hilir juga mesti melakukan hal yang sama” Ujar Muslim Rasyid selaku Direktur YMI. Ia juga menambahkan pentingnya sinergi antar kelompok masyarakat dalam proses menjaga kawasan DAS Kampar, oleh sebab itu perlunya ada Sharing Profit yang dapat saling menunjang perekonomian disetiap kelompok masyarakat.

Dengan terbentuk pengelolaan DAS Kampar Terpadu, diharapkan mampu memecahkan permasalahan-permasalahan baik itu dari keberadaan Ekosistemnya sampai kepada Pemanfaatan DAS Kampar sebagai penunjang kehidupan Masyarakat di sepanjang kawasan Aliran Sungai.