Merangkul Warga Desa Sebagai Pewarta Lingkungan Hidup

Merangkul Warga Desa Sebagai Pewarta Lingkungan Hidup
Comments Off on Merangkul Warga Desa Sebagai Pewarta Lingkungan Hidup, 22/05/2014, by , in Related

Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat kian melebarkan aliran informasi yang diterima maupun yang dapat diberikan. Laju teknologi informasi ini pun bisa diarahkan menuju masyarakat desa yang dipandang masih belum cukup tercukupi kehausan informasinya. Hal ini disebabkan antara lain masih minim jaringan internet, pola pikir masyarakat yang kurang update dengan teknologi dan lain-lain.

Pada tanggal 8-10 Mei diadakan Pelatihan Jurnalisme Warga di desa Harapan Jaya Kecamatan Tempuling Indragiri Hilir. Pelatihan yang diikuti tidak kurang dari 20 orang ini menekankan penempatan warga desa sebagai pewarta lingkungan hidup sebagai kontrol sosial warga untuk perbaikan kondisi lingkungan dalam pencegahan atas kebakaran lahan gambut yang masih menjadi ancaman serius di Riau.

Desa Harapan Jaya Dipilih karena binaan YMI (Yayasan Mitra Insani, red) ini sudah memiliki sarana dan prasarana penyediaan informasi yang cukup, diantaranya Radio Komunitas (Rakom, red) dan Website desa yang masih berjalan dan dikelola secara gotong-royong oleh para pemuda desa. Sehingga dimasa yang akan datang semua warga dapat berperan sebagai pewarta untuk media informasi desa mereka sendiri.cj2

Pada salahsatu sesi pelatihan, peserta diberikan materi cara wawancara narasumber yang menjadi dasar teknik jurnalisme. “Kemudian hasil dari wawancara mereka akan diolah menjadi berita dan dibahas di ruang pelatihan” Tegas Rian, pemateri dari Gurindam12.co.

YMI mencoba merangkul semua kalangan masyarakat sebagai pewarta desa dengan berperan aktif memberitakan apa yang terjadi disekitar mereka. Dengan pelatihan ini juga berusaha mengalihkan masyarakat dari objek dan target berita menjadi subjek pewarta yang memberitakan peristiwa disekitarnya khususnya yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan hidup contohnya tentang kebakaran hutan dan lahan. (lil/as)