Menyiapkan Desa Harapan Jaya dalam Perlombaan Desa

Menyiapkan Desa Harapan Jaya dalam Perlombaan Desa
Comments Off on Menyiapkan Desa Harapan Jaya dalam Perlombaan Desa, 27/03/2014, by , in Related

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007, tentang penyelenggaraan perlombaan desa dan kelurahan, Desa Harapan Jaya mempersiapkan diri dalam Perlombaan Desa. Dimulai dengan perlombaan tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai tingkat Nasional, Desa Harapan Jaya berbenah untuk menyongsong Perlombaan Desa tersebut.

Adapun indikator penilaian perlombaan desa dan kelurahan tingkat kecamatan kabupaten/kota, dan provinsi sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 ayat (1), meliputi Pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Sedangkan indikator penilaian perlombaan desa dan kelurahan tingkat nasional sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 5 ayat (3), meliputi:
a. keberhasilan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dan desa/kelurahan;
b. inisiatif dan kreativitas daerah dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa dan kelurahan;
c. tingkat kepatuhan terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintahan; dan
d. kinerja camat, kepala desa dan lurah beserta perangkatnya dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa dan kelurahan.

Dalam waktu dekat tim penilaian dari Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir akan datang dalam rangka kunjungan penilaian tahap pertama. Desa Harapan Jaya dipandang mampu bersaing hingga ketingkat nasional dengan beberapa pertimbangan, antara lain kemampuan dan kemandirian desa Harapan Jaya yang berdaya pulih yang lengkap dengan berbagai kelebihan seperti radio komunitas, website desa, pembangkit listrik terpadu, dll.