Menilai Kembali Inisiatif Program Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap REDD

Menilai Kembali Inisiatif Program Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap REDD
Comments Off on Menilai Kembali Inisiatif Program Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap REDD, 28/03/2014, by , in Related

Program Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap Skema REDD Wilayah Sumatera digagas pada Agustus 2010 lalu oleh para pegiat LSM dan masyarakat adat di Sumatera. Inisiatif ini didukung oleh Samdhana Institute melalui penyediaan technical assistance dan dukungan pendanaan hibah skala kecil.

Menariknya, inisiatif program ini menekankan pada pengelolaan pengetahuan semua pihak yang terlibat, termasuk di dalamnya asistensi teknis dan penyusunan peta jalan dan mekanisme pelaksanaan program secara bersama. Bahkan salah seorang pelaksananya sempat berujar bahwa ‘program ini kecil dari sisi dukungan pendanaan namun besar dalam aspek peningkatan kapasitas’.

Maka sudah menjadi pengetahuan bersama bagi para pihak yang terlibat pada program ini bahwa pertemuan para pelaksana tiap tahunnya akan menjadi ajang mengasah ‘cara baca’, melakukan analisis kondisi terkini, dan sarana bertukar pengalaman sebagai bagian dari pengelolaan pengetahuan yang direncanakan.

Seperti baru-baru ini pada 12-14 April 2013, pertemuan tahun ketiga pelaksana program, dilangsungkan di Bogor. Yayasan Mitra Insani menjadi bagian dari inisiatif program ini sedari awal, dan menjadi bagian pada Simpul Rebut Ruang Kelola
bersama Simpul Community Safeguard dan Simpul Kampanye.

Tak kurang dari 30 orang -berasal dari LSM dan organisasi masyarakat adat di wilayah Sumatera- yang terlibat dalam inisiatif program ini berkumpul untuk menilai kembali setelah 3 tahun pelaksanaannya. Dalam tiga hari pelaksanaannya, tiga keluaran utama dihasilkan yaitu status terakhir pelaksanaan program di masing-masing pelaksana dan simpul, telaah kritis dari pertukaran pengalaman yang dihasilkan, dan rencana lanjutan dalam bentuk kerangka logis, rencana kerja, dan agenda tindak lanjutnya.

Selamat bekerja dan berkarya bagi seluruh pelaksana program ini!

(repost)