Mengajak Ibu-ibu PKK Melestarikan Hutan Dengan Pembibitan Tanaman

Mengajak Ibu-ibu PKK Melestarikan Hutan Dengan Pembibitan Tanaman
0 comments, 23/06/2014, by , in Related

Kenagarian Pangkalan Kapas, Kabupaten Kampar – Riau dalam proses usulan Hutan Desa. Beberapa kegiatan sudah dilaksanakan disana sebagai syarat pengajuan Hutan Desa ke Kementrian Kehutanan. Musyawarah Ninik-mamak, Pemetaan potensi seperti Air Terjun dan Identifikasi dan Pengumpulan Bibit Tanaman Alam di hutan Pangkalan Kapas. Kelanjutan dari pengumpulan bibit tanaman alam ini adalah pembibitan yang merangkul Ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) di ke-empat desa Kenagarian Pangkalan Kapas.
Bibit-bibit tanaman alam yang diperoleh dari kegiatan Identifikasi dan Pengumpulan Bibit Tanaman Alam dibagikan kepada empat kelompok PKK di setiap desa. Masing-masing kelompok ibu-ibu PKK mendapatkan 1500 bibit tanaman alam seperti kulim, meranti, tempayang, mentangun, rengas, tampui, kempas, mbacang hutan, rambutan klosan durian hutan, anggrek, dll. Untuk menanamkan kemandirian dan ketahanan pangan bagi warga desa, dibagikan juga 8 jenis bibit sayur kepada masing-masing kelompok yang terdiri dari bibit bayam, terong, cabe rawit, kangkung, seledri, tomat, gambas dan pare. Polybag juga diberikan 5kg kepada 4 kelompok PKK sebagai media pembibitan. Selain itu juga diberikan dana operasional pembibitan ditiap kelompok PKK. Dana ini akan digunakan antara lain untuk membeli perlengkapan pembibitan (seperti jaring, pupuk, dll) serta biaya operasional lainnya.
Mitra Insani mengajak perempuan ikut serta dalam pembibitan tanaman alam ini merupakan salah satu upaya pelestarian hutan dilakukan sebagai gerakan Kesetaraan Gender. Para ibu dapat menularkan pentingnya pelestarian hutan kepada anggota keluarga dirumah masing-masing. Peran aktif perempuan akan tetap digalakkan pada kegiatan-kegiatan berikutnya. (as)