Membangun Sinergi Dalam Meningkatkan Tata Kelola Hutan & Lahan Gambut

Membangun Sinergi Dalam Meningkatkan Tata Kelola Hutan & Lahan Gambut
0 comments, 31/03/2017, by , in Featured

Mitrainsani.or.id | Dalam meningkatkan tata kelola hutan dan lahan gambut mestilah dibangun sinergi antara para pihak , baik itu pemerintah, NGO dan yang terpenting masyarakat. Melalui kerja sama yang baik antara Pemerintah Pusat/Daerah dapat membangun strategi penanggulan bencana di kawasan hutan dan Lahan gambut. Kemudian hal ini dapat menjadi materi promosi bagaimana praktik-praktik yang baik (Best Practices) di Tingkat masyarakat.

Yayasan MItra Insani melakukan pertemuan bersama pemerintah Kab. Siak, yang mana dalam pertemuan ini sebagai bentuk ekspos kegiatan yang akan dilakukan kedepannya di 4 desa, antara lain Desa Sungai Rawa, Desa Rawa Mekar Jaya, Desa Penyengat dan Desa Teluk Lanus. Program ini didukung oleh Indonesian Climate Change Trust Fund (ICCTF) Indonesia yang focus kepada perubahan iklim di Indoensia. YMI sebagai pelaksana Program juga didukung oleh Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR), FITRA Riau dan PSB-UR.

Kebakaran Hutan & Lahan Gambut di Riau menjadi penyumbang cukup besar bagi perubahan iklim yang ada di Indonesia, YMI memandang penting untuk dilakukannya kegitan penanggulan kebakaran utan dan Lahan Gambut yang berbasis HIdroloi Gambut.

Capaian dari program ini nantinya adalah meningkatnya pengelolaan hutan dan lahan gambut melalui kolaborasi langsung dengan pemerintah di tingkat nasional dan daerah. Kemudian akan adanya Pilot sites yang menggunakan aturan dan prosedur mengenai restorasi dan re-wetting lahan paska kebakaran (tingkat desa). Dari sisi perekonomian diharapkan terbangunnya agroforestry di ekosistem gambut dan promosi agroforestry di ekosistem gambut ditingkat desa.

Dalam prosesnya kana da peningkatan kapasitas di masyarakat dan menjelasakan bagaimana strategi-strategi pencegahan kebakaran dan kampanye bahaya kebakaran serta praktek-praktek baik masyarakat/community best practices melalui serangkaian Pelatihan mengenai pemadaman kebakaran untuk anggota masyarakat (tingkat desa), kegiatan diseminasi mengenai isu kebakaran dan kesehatan dan tersusunnya Standard Operating Procedures (SOPs) and Early Warning System (EWS) respon kebakaran ditingkat desa.

Pemerintah Kab. Siak menyambut baik akan agenda ini, selain itu program ini juga sangat mendukung visi misi Kab. Siak yang mengusung konsep Siak Kabupaten Hijau, yang mana konsep ini mendorong prinsip – prinsip kelestarian dan berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan peningkatan ekonomi masyarakat.