Kelompok Rumah Alam Mangrove : Kelola Ekosistem Mangrove Secara Mandiri dan Berkelanjutan

Kelompok Rumah Alam Mangrove : Kelola Ekosistem Mangrove Secara Mandiri dan Berkelanjutan
0 comments, 22/10/2016, by , in Featured

Mitrainsani.or.id | Kegiatan penyelamatan ekosistem mangrove ini banyak sekali pengaruh serta manfaat untuk ekonomi dan kelestarian ekosistem bagi masyarakat yang berada dilingkungan mangrove. Sutiono, selaku ketua Kelompok Rumah Alam Mangrove telah melakukan berbagai upaya dalam pemanfaatan Ekositem Mangrove dengan pendekatan edukasi, wisata serta ekonomi kreatif berbasiskan masyarakat.

Kampung Rawa Mekar Jaya terletak di Kec. Sungai Apit Kabupaten Siak ini memiliki sekitar kurang lebih 50 Hektar Kawasan Mangrove. Keberadaan ekositem mangrove yang telah rusak adalah dasar dari kesadaran dibentuknya Kelompok Rumah Alam Mangrove yang melakukukan upaya agar keberadaan Ekosistem Mangrove yang ada tetap terjaga.

membangun-sarana-pertemuan
Proses Membangun Fasilitas Pertemuan didalam Kawasan Hutan Bakau

Sutiono, Sekretaris Desa Kampung Rawa Mekar Jaya mengatakan perihatin dengan keadaan lingkungan yang mulai dirusak dan dijual oleh oknum tidak bertanggung jawab. Saat ini oleh Sutiono bersama dengan kelompoknya telah menjadikan wilayah mangrove menjadi tempat wisata. ”kami sudah membuat rumah pertemuan, rumah pohon, rumah singgah, kolam pancing, dan lainnya didalam kawasan Mangrove ini” ujar Sutiyono

“saat ini Selain menjadikan hutan mangrove sebagai tempat wisata, kami dengan kelompok yang diberi nama Kelompok Rumah Alam Mangrove juga menjadikan hutan mangrove ini sebagai tempat belajar anak yang cinta lingkungan, disini mereka akan belajar cara pembibitan dan menanaman” tambahnya.
14695548_1529119070436738_6706576881486950275_n
Rumah Pohon yang telah dibangun oleh Kelompok Rumah Alam Mangrove

Bersama Yayasan Mitra Insani saat ini juga telah melakukan pendampingan di Kampung Rawa Mekar Jaya dari tahun 2015, serta memfasilitasi bagaimana terciptanya pengelolaan kawasan lestari berbasiskan masyarakat secara berkelanjutan. Upaya yang telah dilakukan bersama masyarakat adalah seperti memfasilitasi pembuatan Sekat Parit, Pembuatan sumur bor, pembuatan embung dan lain sebagainya melalui program yang telah ada.

Hasilkan Produk Turunan
Bukan saja menjaga kawasan mangrove, akan tetapi Kelompok Rumah Alam Mangrove juga telah membuat produk olahan dari alam, ketersediaan bahan baku dari alam membuat kelompok ini kreatif dalam menciptakan peluang ekonomi kreatif.
“sudah ada beberapa produk yang telah kita buat, produk yang dihasilkan dari tumbuhan yang ada di hutan mangrove tersebut,yaitu sirup, selai dan dodol,selain itu juga ada Dari daun nipah menghasilkan anyaman tikar dan atap rumah” ujar Sutiono

Saat ini produk – produk yang mereka hasilkan telah dipamerkan disejumlah pameran yang diadakan oleh pemerintah, dan kedepannya kelompok ini tetap akan membuat produk-produk kreatif dalam penunjang ekonomi khususnya di masyarakat Kampung Rawa Mekar Jaya.