Inovasi & Pemanfaatan Pembangunan Canal Blocking

Inovasi  & Pemanfaatan Pembangunan Canal Blocking
0 comments, 01/12/2016, by , in Featured

Mitrainsani.or.id | Dalam hal upaya pemulihan lahan gambut yang mulai rusak akibat Kebakaran Hutan & Lahan selama 18 tahun terakhir ,Yayasan Mitra Insani (YMI) berserta masyarakat melakukan sebuah inovasi terbaru terkait kontruksi Sekat Parit (Canal Blocking) dibeberapa desa yang terdampak langsung atau berpotensi terjadinya kebakaran lahan yang sangat merugikan masyarakat dari aspek ekonomi, kesehatan dan kelestarian alam.

Upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan gambut di Provinsi Riau sangat gencar di lakukan oleh pemerintah,swasta,NGO luar dan lokal seperti tidak ada habis – habisnya, permasalahan ini terjadi setiap tahun terlebih lagi ebakaran lahan hebat ditahun 2015.

Inovasi Konstruksi Sekat Parit
Pembangunan pintu-pintu penyekat itu berguna mengatur ketinggian air di lahan gambut terutama gambut dalam pada daerah-daerah wilayah Riau pesisir, sehingga dengan disekatnya parit-parit ini mampu membasahi kembali tanah gambut yang sangat mudah terbakar jika dalam kondisi kering.
ymi-penentuan-konsep-canal

YMI bersama masyarakat mengembangkan Inovasi terbaru tekait kontruksi bangunan Canal Blocking yang kedepannya dapat dimanfaatkan untuk pendukung ekonomi laternatif dan yang terpenting dapat juga berfungsi juga sebagai embung atau cadangan stok air ketika terjadi kebakaran.

Kontruksi bangunan Sekat Parit ini menggunakan papan secara keseluruhan tanpa menggunakan kayu serocok sebagai tiang sejajar, kontruksi ini di buat dengan cara memperbesar keberadaan parit dititik pembangunan.
inovasi-canal-ymi

Pengerukan dinding parit ini bertujuan untuk menghindari kebocoran dari samping sekat, sehingga konstruksi ini bisa bertahan dalam waktu yang lama. Untuk pintu air dibuat dengan cara menyesuaikan dengan ketinggian air dan dibuat bertingkat dan kemudian dibagian pintu diisi semen dan pasir agar menjadi lebih kokoh.
feature-ymi-inovasi-canal

YMI memandang Jika dilihat dari modelnya, pemanfaatan Sekat Parit ini dapat dijadikan sebagai penunjang ekonomi desa atau masyarakat jika Pengelolaan sekat parit dapat lebih dimaksimal lagi, tentu saja ini dengan dukungan – dukungan multipihak, salah satunya yang sangat memungkinkan dengan menjadikan kolam pembesaran ikan yang sesuai dengan kondisi air dan bernilai ekonomis tinggi.