Informasi

Posted on 01/01/2017, by

Lowongan Kerja/Advertisement YMI-ICCTF, 1 Januari 2017

banner
Yayasan Mitra Insani (YMI) adalah Non-Governmental Organization (NGO) yang bergerak dalam bidang penyelamatan lingkungan hutan dan pesisir melalui pengembangan masyarakat dan perdesaaan, berbasis di Pekanbaru Riau. YMI (www.mitrainsani.or.id) yang telah berdiri sejak 1998, saat ini menjalankan sebuah proyek kerjasama dengan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF; www.icctf.or.id) dengan judul Mitigasi Perubahan Iklim melalui Peningkatan Peran serta Para Pihak dalam Pengelolaan Hutan dan Lahan Gambut berbasis Kesatuan Hidrologi Gambut. Proyek dengan durasi 11 bulan ini akan dilaksanakan di Kabupaten Siak dan Pelalawan Provinsi Riau, membuka lowongan pekerjaan dengan posisi dan uraian sebagai berikut:

Koordinator Proyek (Kode: KP)
Bertanggung jawab kepada Manajer Program dengan lingkup kerja:
Melakukan perencanaan seluruh aspek kegiatan proyek
Melaksanakan monitoring internal kegiatan proyek
Melakukan koordinasi dengan tim proyek, lembaga dan stakeholder terkait proyek
Melakukan asistensi/penguatan kapasitas tim dan kelompok sasaran
Membuat laporan perkembangan dan laporan akhir proyek
Menghadiri pertemuan-pertemuan yang terkait dengan kegiatan proyek baik internal maupun eksternal

Kualifikasi:
– Pendidikan S1 semua jurusan/fakultas, diutamakan Fakultas/Jurusan Sosial Ekonomi, Perikanan, Kehutanan, Teknologi Pertanian dan Pengembangan Masyarakat atau Setara atau Memiliki pengalaman sebagai Koordinator Proyek pendampingan masyarakat minimal 2 (dua) tahun atau aktivitas program pendampingan masyarakat minimal 3 (tiga) tahun
– Mampu mengoperasikan komputer minimal MS Office
– Memiliki kemampuan menyusun laporan kegiatan dan keuangan program secara tertulis serta menyampaikannya secara kepada pihak yang membutuhkannya
– Sanggup melakukan perjalanan ke lokasi proyek dan luar kota untuk kepentingan proyek
– Sanggup bekerjasama dalam tim, bekerja secara mandiri, dengan supervisi rendah

Finance Officer (Kode: FO)
– Bertanggung jawab kepada Manajer Keuangan dengan lingkup kerja:
– Menjalankan fungsi pencatatan keuangan dan pembuatan anggaran
– Memeriksa & menepati kelengkapan, keabsahan dan kebenaran bukti-bukti pembukuan yang diterima
– Melaksanakan pembukuan sesuai dengan prosedur dan sistem yang ditetapkan berdasar bukti-bukti pembukuan yang lengkap dan sah
– Menyimpan dan menjaga semua dokumen, bukti-bukti pembukuan secara teratur sesuai dengan ketentuan yang berlaku
– Menyiapkan data-data keuangan berupa laporan ( Laporan posisi keuangan, aktifitas, perubahan aktiva bersih, arus kas, expense by budget, expense by code)
– Melakukan kas opname (tidak boleh dijadwalkan secara tetap)
– Menghitung aktiva tetap (bulanan)
– Melaporkan saldo kas kecil ke FM
– Memeriksa ajuan pengisian kas kecil
– Membuat ajuan anggaran kegiatan/proyek

Kualifikasi:
– Pendidikan minimal D3 Akuntansi atau Setara
– Memiliki pengalaman kerja di bidang keuangan dan akuntansi minimal 3 (tiga) tahun
– Mampu mengoperasikan komputer dengan program keuangan/akuntansi
– Memiliki pengalaman berorganisasi
– Bisa bekerja secara individu dan dalam tim
– Sanggup bekerja di bawah tekanan dan target
– Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik (kemampuan berbahasa Inggris menjadi nilai plus)

Koordinator Capaian-1: Advokasi Kebijakan (Kode: K-AK)
– Bertanggung jawab kepada Koordinator Proyek dengan lingkup kerja:
– Merancang kegiatan lingkup advokasi kebijakan sesuai dengan rencana proyek
– Memastikan pelaksanaan dari kegiatan lingkup advokasi kebijakan sesuai dengan rencana proyek
– Melaporkan pelaksanaan dari kegiatan lingkup advokasi kebijakan
– Melakukan koordinasi dengan tim proyek, lembaga dan stakeholder terkait proyek
– Menghadiri pertemuan-pertemuan yang terkait dengan kegiatan proyek baik internal maupun eksternal

Kualifikasi:
– Pendidikan S1 semua jurusan/fakultas Setara atau memiliki pengalaman dalam bidang advokasi kebijakan minimal 2 (dua) tahun dan/atau pernah bekerja di – lembaga advokasi minimal 5 (lima) tahun
– Mampu mengoperasikan komputer minimal MS Office
– Memiliki kemampuan menyusun laporan kegiatan secara tertulis serta menyampaikannya secara kepada pihak yang membutuhkannya
– Sanggup melakukan perjalanan ke lokasi proyek dan luar kota untuk kepentingan proyek
– Sanggup bekerjasama dalam tim, bekerja secara mandiri, dengan supervisi rendah

Koordinator Capaian-2: Community Development (Kode: K-CD)
– Bertanggung jawab kepada Koordinator Proyek dengan lingkup kerja:
– Merancang kegiatan lingkup pengembangan masyarakat sesuai dengan rencana proyek
– Memastikan pelaksanaan dari kegiatan lingkup pengembangan masyarakat sesuai dengan rencana proyek
– Melaporkan pelaksanaan dari kegiatan lingkup pengembangan masyarakat
– Mampu melakukan proses fasilitasi, motivasi, edukasi dan mediasi bagi masyarakat sasaran proyek
– Melakukan koordinasi terhadap kelompok, kelembagaan lokal sehingga sesuai dengan tujuan proyek
– Melakukan peran pengawasan dan membangun jaringan terhadap kegiatan proyek yang dilakukan di tingkat – masyarakat dengan potensi kerjasama dengan pihak lainnya
– Melakukan koordinasi dengan tim proyek, lembaga dan stakeholder terkait proyek
– Menghadiri pertemuan-pertemuan yang terkait dengan kegiatan proyek baik internal maupun eksternal

Kualifikasi:
– Pendidikan S1 semua jurusan/fakultas Setara atau Memiliki pengalaman dalam bidang pengembangan masyarakat minimal 3 (tiga) tahun
– Mampu mengoperasikan komputer minimal MS Office
– Memiliki kemampuan menyusun laporan kegiatan secara tertulis serta menyampaikannya secara kepada pihak yang membutuhkannya
– Sanggup melakukan perjalanan ke lokasi proyek dan luar kota untuk kepentingan proyek
– Sanggup bekerjasama dalam tim, bekerja secara mandiri, dengan supervisi rendah

Staff GIS Database (Kode: GIS-D)
– Bertanggung jawab kepada Koordinator Proyek dengan lingkup kerja:
– Melakukan pengolahan citra satelit untuk analisis tematik
– Membuat peta topografi dan peta-peta tematik
– Mengumpulkan data dan informasi yang berhubungan dengan data spasial
– Menyusun dan menyiapkan kebutuhan proyek terkait data spasial
– Mendukung kegiatan bidang/divisi lain dengan data spasial dan teknologi GIS

Kualifikasi:
– Pendidikan S1 dan atau memiliki pengalaman sebagai staf GIS selama minimal 3 (tiga) tahun
– Minimal 2 (dua) tahun pengalaman bekerja di bidang tata ruang kawasan dan pemetaan
– Mempunyai keahlian mengoperasikan program GIS dana analisis citra satelit
– Mengetahui teknik-teknik survey dan pemetaan
– Mampu melakukan perjalanan termasuk ke lokasi proyek untuk koordinasi dengan stakeholder lainnya

Staff Informasi dan Kampanye (Kode: I-K)
– Bertanggung jawab kepada Koordinator Proyek dengan lingkup kerja:
– Mampu membangun kepercayaan, komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan pemangku proyek dalam aspek informasi dan kampanye
– Melakukan kegiatan perencanaan yang berhubungan dengan informasi dan kampanye terkait proyek
– Melakukan kegiatan pengolahan yang berhubungan dengan informasi dan kampanye terkait proyek
– Melakukan kegiatan pemantauan informasi dan kampanye terkait target/sasaran proyek
Menyusun sistem database informasi

Kualifikasi:
– Pendidikan S1 dan atau memiliki pengalaman sebagai staf informasi dan kampanye selama minimal 3 (tiga) tahun
– Mampu membuat tulisan/materi kampanye (contoh harap dilampirkan)
– Mampu mengoperasikan komputer minimal MS Office
– Sanggup melakukan perjalanan ke lokasi proyek dan luar kota untuk kepentingan proyek
– Sanggup bekerjasama dalam tim, bekerja secara mandiri, dengan supervisi rendah

Field Staff/Staf Lapangan (Kode: S-L)
– Bertanggung jawab kepada Koordinator Proyek dengan lingkup kerja:
– Membuat perencanaan kegiatan lapangan/pendampingan masyarakat yang terkait dengan proyek
– Melakukan pendampingan masyarakat di lokasi proyek
– Bertanggung jawab terhadap kegiatan-kegiatan di tingkat lapangan
– Berkoordinasi dengan stakholder terkait
– Menyusun laporan kegiatan

Kualifikasi:
– Memiliki pengalaman sebagai staf lapangan minimal 3 (tiga) tahun
– Memiliki pengalaman berorganisasi
– Bisa bekerja secara individu dan dalam tim
– Sanggup bekerja di bawah tekanan dan target
– Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik
– Bersedia melakukan perjalanan ke luar kota jika diperlukan

Administrasi dan Keuangan (Kode: A-K)
– Bertanggung jawab kepada Koordinator Proyek dengan lingkup kerja:
– Membantu program dalam filing kelengkapan laporan (B-TOR, timesheet, laporan narasi)
– Menjalankan fungsi penyimpanan keuangan dan pencairan anggaran
– Menerima, menyimpan dan mengelurkan uang berdasarkan bukti pembayaran dan persetujuan Koordinator Proyek
– Memberikan laporan pengeluaran dan saldo kecil
– Membuat dokumen pendukung penerimaan dan pengeluaran kas di bank
– Memberikan laporan register cek
– Menjadi bagian dari kepanitiaan acara yang terkait dengan proyek
– Menyelenggarakan kebutuhan administrasi dan rumah tangga kantor
– Bertanggung jawab kepada Manajer Keuangan

Kualifikasi:
– Pendidikan: Min D3 semua jurusan atau Memiliki pengalaman di bidang administrasi dan keuangan minimal 3 (dua) tahun
– Mempunyai SIM C
– Memiliki pengalaman berorganisasi
– Bisa bekerja secara individu dan dalam tim
– Sanggup bekerja di bawah tekanan dan target
– Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik (kemampuan berbahasa Inggris menjadi nilai plus)
– Bersedia melakukan perjalanan ke luar kota jika diperlukan

Para pihak yang berminat dengan lowongan ini diharapkan dapat mengantar langsung berkas lamarannya di Yayasan Mitra Insani, Jl Pembangunan 2 No 8 Labuh Baru, Pekanbaru, Riau 28291 Telpon 0761-7874919 paling lambat tanggal 7 Januari 2017 (08.30 s/d 16.45). Hanya pelamar dengan kualifikasi yang sesuai akan dihubungi untuk kelanjutan proses.

About admin