Habitat Pesut di Perairan Desa Pulau Cawan

Habitat Pesut di Perairan Desa Pulau Cawan
Habitat Pesut di Perairan Desa Pulau Cawan

Diperairan Desa Pulau Cawan kita juga mendapati habitat mamalia Pesut. Pesut atau lumba – lumba ( Orcaella brevirostris ) adalah spesies mamalia air ( bernafas dengan paru – paru dan menyusui anaknya ) yang menghuni wilayah perairan tropis dan sub-tropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Terdapat dua spesies pesut ./ lumba – lumba ini yaitu Orcaella Brevirosris dan Orcaella Heinsohni. Menurut penelitian di perairan di Indonesia umumnya dihuni oleh Orcaella Brevirosris. Pesut hidup berkelempok dan bergerak dalam kawanan kecil, biasanya dijumpai tidak lebih dari 10 ekor pesut dalam satu kawanan.

Pesut pada umumnya berwarna kelabu – biru tua, bagian bawahnya berwarna pucat tanpa pola yang khas. Memiliki dahi yang tinggi dan membulat dan tidak bermoncong, sirip punggung kecil dan membulat di tengah punggung dan sirip tangan lebar membulat. Berat seekor pesut dewasa dapat mencapai 130 kilogram dengan Panjang 2 sampai dengan 3 meter, sementara anak pesut mempunyai berat sekitar 10 kilogram, dengan Panjang sekitar 1 meter.

Keberadaan pesut di Desa Pulau Cawan memang jarang menjadi konflik bagi nelayan yang tinggal dan mencari nafkah di perairan Desa Pulau Cawan. hanya saja terkadang kehadiran pesut pernah merusak jarring ikan masyarakat  yang sedang terpasang di perairan.

Berdasarkan informasi masyarakat yang ada, pesut yang terdapat di perairan Desa Pulau Cawan tidak hanya berwarna hitam ke abu – abuan, akan tetapi juga terlihat yang berwarna merah muda ( pink ) dan berwarna putih.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Be informed!

Sign up for newsletter