Buku: Panduan Desa Berdaya Pulih

Buku: Panduan Desa Berdaya Pulih

Desa Berdaya Pulih-Harapan Jaya_Sampul_Page_01Buku ini adalah pengembangan dari sepenggal cerita tentang pengalaman warga dan pengurus Desa Harapan Jaya, untuk bertahan hidup hingga berdaya pulih dalam mengel
ola kawasan gambut. Perkenalan dimulai sejak 1998 melalui pemantauan Proyek Utang Luar Negeri, dan berlanjut pada 2011 ketika inisiatif masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di kawasan gambut sangat diperlukan, bahkan satu-satunya harapan.

Sedari awal disadari, bahwa upaya melakukan pencegahan kebakaran hutan & lahan di tingkat desa tidak bisa dilepaskan dari keseluruhan upaya pembenahan tatakelola desa. Pencegahan kebakaran haruslah menjadi bagian utuh dari upaya pengembangan masyarakat dan desa. Maka, pemetaan desa & kontur hidrologi, pengukuran kedalaman gambut, penataan penggunaan lahan, penyekatan parit, integrasi kebun-ternak-tani, sistem informasi bahaya kebakaran, pengembangan ekonomi, serta radio desa dan website desa, termas
uk inisiasi badan usaha desa menjadi kegiatan yang menyeluruh harus dilakukan.

Pengalaman Desa Harapan Jaya ini kemudian inspirasi bagi beberapa desa di Riau dan Indonesia, bahkan di negara-negara lain di ASEAN. Atas dasar itulah, pendokumentasikan ini dilakukan agar dapat disebarluaskan dan menjadi pembelajaran bersama.

Kami menyadari bahwa kondisi dan tantangan setiap desa berbeda-beda. Maka, moga-moga ada bagian-bagian atau keseluruhan buku Panduan Desa Berdaya Pulih ini bermanfaat bagi desa-desa yang sama-sama mendambakan keberdayaan, juga bagi teman-teman yang mendampingi dan menemani warga desa dalam upaya menuju daya pulih.

Sebab nyatanya dari dulu juga masyarakat hanya bisa mengandalkan dirinya sendiri untuk keselamatan dan kesejahteraannya.