Andi : Perencanaan Pembangunan Desa Melalui Pemetaan Partisipatif

Andi : Perencanaan Pembangunan Desa Melalui Pemetaan Partisipatif
0 comments, 18/11/2016, by , in Featured

Mitrainsani.or.id |Pemetaan suatu desa sangat penting dilakukan dalam pengembangan Desa. Dengan mengetahui topografi daerah dapat menjadi acuan dalam melakukan perencanaan pembangunan desa baik dari sisi infrastruktur, pengelolaan lahan, dan pencegahan kebakaran.

Pemetaan partisipatif memiliki banyak manfaat, banyak aspek yang dapat didukung dengan adanya peta yang dibuat bersama masyarakat. Andi selaku Staf Yayasan Mitra Insani (YMI) mengatakan bahwa ketika masyarakat mengetahui luas dan batas-batas wilayahnya dapat menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan tepat guna sesuai dengan kebutuhan yang ada.
memberikan-materi-ymi Dokumentasi Pelatihan Pemetaan Partisipatif

“Pemetaan wilayah dengan melibatkan Masyarakat lokal dapat mengurangi resiko konflik, seperti yang kita ketahui bahwa tapal batas menjadi permasalahan agraria yang tidak habis di Indonesia, di Riau saja terdapat ratusan konflik terkait tapal batas” Ujar Andi.20131120_111233Dokumentasi Pelatihan : Peserta Melakukan Pengambilan Titik Koordinat

Andi mengatakan Saat ini YMI telah memfasilitasi beberapa desa dalam melatih masyarakat dalam pembuatan peta, antara lain: Desa Lubuk Bigau, Desa Kebun Tingi, Desa Tanjung Permai, Desa Pangkalan Kapas yang berada di Kenegerian Pangkalan Kapas Kec. Kampar Kiri Hulu Kab. Kampar. Desa Teluk Lanus Kec. Siak Sungai Apit Kab. Siak dan Desa Sukajadi Kec. Kuala Cenaku Kab. Indragiri Hulu.
img_8019 Dokumentasi Pelatihan : Peserta Memindahkan titik Koordinat

Dalam prosesnya, YMI memfasilitasi untuk Melatih Masyarakat mengetahui beberapa jenis peta serta menggunakan alat pemtaan GPS untuk mengambil titik koordinat dan kompas. Kemudian dilanjutkan untuk mengolah data lapangan dan memindahkan titik secara manual sehingga masyarakat mampu menhitung luas kawasan sebelum memindahkan peta master kedalam kertas kalkir. Tahapan akhir masyarakat melakukan verifikasi terhadap peta yang mereka buat.