Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/mitrains/public_html/wp-content/plugins/essential-grid/includes/item-skin.class.php on line 1422

Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/mitrains/public_html/wp-content/plugins/revslider/includes/operations.class.php on line 2858
Akar Kunyit/Akar Kuning di Hutan Desa Rawa Mekar Jaya | Yayasan Mitra Insani

Akar Kunyit/Akar Kuning di Hutan Desa Rawa Mekar Jaya

Akar Kunyit/Akar Kuning di Hutan Desa Rawa Mekar Jaya
Akar Kunyit/Akar Kuning di Hutan Desa Rawa Mekar Jaya

Akar Kunyit, disebut oleh masyarakat Kampung Rawa Mekar Jaya atau dikenal juga dengan nama Akar Kuning dapat ditemukan di dalam Kawasan Hutan Desa Rawa Mekar Jaya. Ditemukannya tanaman ini saat Tim Yayasan Mitra insani, Winrock International, KPH Tasik Besar Serkap, LPHD RMJ melakukan pemetaan peluang zona pemanfaataan kawasan Hutan Desa. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dalam penyusunan RPHD ( Rencana Pengelolaan HUtan Desa ) pada pengembangan rencana bisnis Hasil HUtan Bukan Kayu.

Akar Kuning adalah spesies tanaman yang hidup di Indonesia yang saat ini digunakan sebagai tanaman obat untuk berbagai macam penyakit. Dikutip dari Pusat Studi Bioteknologi dan Biodiversitas LPPM UNS, ada tiga spesies akar kuning di Indonesia yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional, yaitu Arcangelisia flavaCoscinium fenestratum dan Fibraurea tinctoria dari familia Menispermaceae. Beberapa daerah di Indonesia mungkin menyebut tanaman-tanaman ini dengan sebutan yang berbeda, misalnya Sirawan Kunyit atau Peron Sapi (Jawa), Ki Koneng (Sunda), Gumi Modoka (Halmahera), serta Kayu Kuning (Sulawesi).

Ketiga spesies ini mengandung senyawa golongan alkaloid dan flavonoid, antara lain berberinecolumbaminejatrorrhizine, dan palmatine. Kandungan-kandungan inilah yang memberikan manfaat akar kuning untuk kesehatan manusia, terutama kandungan berberine yang berperan sebagai antibakteri, antikanker, dan hepatoprotektor. Akar kuning sudah sejak lama digunakan masyarakat lokal untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Inilah beberapa manfaat akar kuning sebagai obat tradisional.

Masyarakat di Rawa Mekar Jaya menggunakan Akar Kuning ini untuk pengobatan penyakit Kuning atau Liver, menyembuhkan luka luar dan luka dalam, menurunkan kolesterol. Biasanya dikonsumsi dengan cara direbus dengan air hingga mendidih dan bisa dikonsumsi dengan madu. Biasanya masyarakat juga memadupadankan dengan tanaman lain seperti akar pohon kepala, akar pohon pinang dan akar lalang sebagai penambah stamina.

Akar kuning setelah di ambil biasanya di jemur hingga kering dalam bentuk potongan/rajangan  yang dijemur langsung dibawah terik matahari, proses ini biasanya memakan waktu hingga 2 hari.  Selain akar, Buah yang di hasilkan oleh tanaman ini juga dapat dikonsumsi, buah ini berbetuk bulat dengan ukuran sebesar anggur dengan rasa manis dan asam.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Be informed!

Sign up for newsletter